Jumat, 25 Juni 2010

[GWC 2010] Supreme Commander 2

oleh: Vincent, 01 June 2010

Page 1

Bagi Kotakers yang merupakan penggemar game strategi dengan tingkat keseruan yang sulit ditandingi, mungkin Kotakers bisa mempertimbangkan game yang satu ini. Supreme Commander 2 merupakan sebuah sekuel dan kualitasnya benar-benar patut untuk diacungi jempol. Dengan segala jenis strategi, taktik dan sejumlah besar bangunan serta pasukan yang siap diluncurkan untuk mempertahankan negara kamu, kami yakin game yang satu ini bisa menarik perhatian para Kotakers.

Coba bayangkan, ada ratusan robot yang telah kamu persiapkan di posisi tersendiri. Kamu juga telah mempersiapkan pelindung untuk melindungi markas kamu, semua pertahanan yang ada telah disiapsiagakan untuk menjaga generator sumber daya kamu dan bangunan pemroduksi terus menerus menghasilkan pasukan yang bisa kamu gunakan. Di belakang ada sejumlah besar tank yang siap untuk menyerang balik musuh tanpa ampun. Sedangkan di bagian riset, kamu berhasil mengembangkan sebuah teknologi untuk menciptakan sebuah robot raksasa yang mampu menahan serangan musuh dan tentu saja meluluhlantakkan musuh tanpa ampun dengan senjatanya yang sangat kuat dan kamu pun bersiap-siap untuk menyerang (atau diserang) musuh.

Kira-kira, begitulah atmosfer permainan yang akan kamu temui dalam sekuel Supreme Commander ini. Dengan banyaknya keanekaragaman pasukan yang bisa kamu kendalikan, sejumlah pilihan taktik yang bisa kamu gunakan untuk memenangkan perang melawan musuh, kami rasa akan sangat sulit untuk menolak daya tarik dari game tersebut. Nah, bagi Kotakers yang belum pernah memainkan versi original-nya, kamu tidak perlu khawatir karena Gas Powered Games (developer game tersebut), telah membuat mekanisme permainan dalam game ini menjadi lebih sederhana dibandingkan sebelumnya, sehingga kamu bisa lebih mudah menguasai permainan.

Tapi bukan berarti game ini tidak memiliki tingkat permainan yang dangkal karena justru sebaliknya, disini ada banyak sekali hal yang harus kamu pertimbangkan untuk bisa memenangkan sebuah pertempuran melawan musuh. Mulai dari pasukan apa yang ingin kamu bangun atau upgrade apa saja yang perlu kamu lakukan agar pertempuran bisa lebih mudah kamu menangkan.

Salah satu perubahan besar yang ada dalam game ini adalah menghilangnya sistem upgrade manual. Apabila dulu kamu harus meng-upgrade seluruh pasukan kamu secara manual, maka sekarang kamu akan disuguhi dengan cara upgrade yang lebih mudah dan tidak rumit, yakni dengan mengandalkan tech-tree. Jadi, apabila kamu meng-upgrade sesuatu dari tech-tree, maka seluruh pasukan yang memang termasuk dalam upgrade terbaru itu akan secara otomatis di-upgrade. Tidak akan ada lagi yang namanya pasukan yang tidak berguna karena sudah ketinggalan zaman, karena semuanya itu akan secara otomatis di-upgrade.

Page 2

Dalam game dengan genre strategi seperti ini, tentu saja salah satu aspek yang akan menjadi penentu kemenangan adalah aspek ekonomi. Disini, yang akan menjadi barang yang paling kamu butuhkan selama permainan adalah mass dan energi. Untuk produksi energi, kamu bisa membangunnya dimana saja, beda halnya dengan mass extractor yang hanya bisa kamu bangun di tempat-tempat tertentu saja. Untuk bisa mendapatkan lebih banyak lagi mass tersebut, tentu kamu harus terus mengembangkan sayap kamu selebar mungkin untuk mendapatkan lebih banyak lagi lokasi mass extractor lain. Hati-hati, karena semakin jauh kamu berpetualang, semakin dekat pula kamu dengan posisi musuh.

Sekarang, ada satu lagi sumber daya yang tidak kalah pentingnya dalam game ini, yakni poin yang kamu dapatkan dari hasil riset (disebut sebagai Research Points). Research Points ini akan kamu dapatkan seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya bangunan riset yang kamu bangun. Dengan poin-poin ini, kamu bisa meng-upgrade tech-tree yang ada untuk mengembangkan kemampuan seluruh pasukan dan bangunan kamu. Dari sini, kamu tidak akan hanya mengembangkan kemampuan pasukan kamu saja, tapi ada juga kemungkinan dimana kamu bisa menemukan jenis pasukan baru yang tentunya cukup menarik untuk dilihat. Mulai dari generator perisai sampai dengan robot dan bahkan bangunan-bangunan besar dengan fungsi yang aneh-aneh pun bisa kamu temukan disini.

Nah, itulah semua hal yang akan kamu dapatkan dalam permainan ini. Sekarang, masalah utamanya justru muncul disini. Supreme Commander 2 ini, menurut kami justru terlalu mudah apabila dibandingkan dengan Supreme Commander pertama dan rasanya jadi kurang begitu menantang. Dalam Supreme Commander, saking sulitnya permainan sampai-sampai kamu bisa merasa deg-degan hanya untuk mengetahui apakah sebenarnya pasukan yang kamu ciptakan itu bisa menembus pertahanan musuh atau tidak. Sebagai gantinya, apabila kamu mencari sebuah permainan untuk menguji kecepatan kamu dalam membangun pasukan, maka game ini sangat cocok karena memang tempo permainan juga sudah lebih cepat.

Setelah selesai dengan penyederhanaan cara bermain sekuelnya, kamu akan dihadapkan kembali dengan perubahan lain pada setiap pihak yang kamu pilih. Secara keseluruhan, ada tiga pihak yang bisa kamu kendalikan disini. Ada UEF, Cybran dan Illuminate. Sekarang, masing-masing prajurit dari pihak tersebut akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya, pasukan Illuminate sekarang sudah tidak punya lagi pasukan Navy, tapi sebagai gantinya, pasukan mereka bisa melintasi perairan. Itu dari segi pasukan. Lain lagi apabila dilihat dari segi pasukan khusus masing-masing pihak. Kamu akan mendapatkan banyak sekali variasi pasukan. Contoh lagi, Noah Unit Cannon milik UEF bisa meluncurkan pasukan sampai jauh sekali. Pasukan Illuminate memiliki kemampuan untuk teleportase dan Cybrans bisa menggunakan jet lompat. Pokoknya, ada banyak sekali kejutan yang bisa kamu temui dalam game ini.

Sayang, kelemahan game ini masih tetap terletak pada mode campaign yang menurut kami agak kurang menarik. Setiap pihak hanya memiliki enam misi saja dan rata-rata semuanya kurang menarik. Misi pertama contohnya, hanya digunakan sebagai misi yang berfungsi untuk perkenalan pada permainan ini saja. Yang akan terasa benar-benar sangat seru untuk dimainkan hanyalah misi terakhir, dimana seluruh persenjataan, pasukan dan bangunan kamu sudah ada semua dan kamu bisa langsung bertempur dengan kekuatan penuh melawan musuh. Memang benar, setiap pihak memiliki perbedaannya masing-masing, tapi tetap saja atmosfernya tidak jauh berbeda satu sama lainnya.


Page 3

Bahkan jalan cerita disini juga bisa dikatakan merupakan masalah lain yang cukup pelik. Jalan ceritanya terkesan membosankan dan mudah ditembak. Kami sangat yakin, ada banyak sekali Kotakers yang telah memainkan game ini merasa bahwa jalan ceritanya kurang bermutu. Jadi, apabila Kotakers adalah tipe gamer yang mementingkan jalan cerita daripada permainan, kami sarankan untuk tidak mencoba game yang satu ini karena kamu tidak akan menemukan kisah menarik apapun disini.

Apabila kamu ingin bisa mendapatkan keseruan bermain secara maksimal dalam Supreme Commander 2, kami sarankan untuk bermain secara online saja. Dengan sejumlah map yang bisa kamu mainkan serta jumlah pemain yang cukup banyak dalam satu kali permainan, kamu akan menemukan sebuah pertempuran skala besar yang tidak akan kalah apabila dibandingkan dengan Perang Dunia.

Dari segi grafis, game ini memang jauh lebih halus. Grafisnya sangat teramat detil untuk setiap pasukannya. Untuk membuktikannya, kamu bisa zoom in pada setiap pasukan yang telah kamu ciptakan dan lihat sendiri seberapa detilnya pasukan yang telah kamu ciptakan itu. Apalagi saat kamu menyaksikan semua pertempuran besar-besaran, lengkap dengan ledakan-ledakan yang begitu mantap, kami rasa Kotakers akan menemukan keseruan tersendiri dalam aspek tersebut.

Komentar terakhir dari kami, sekuel dari Supreme Commander ini jelas jauh lebih baik dan lebih sederhana dibandingkan dengan pendahulunya. Walau menurut kami, sekuelnya telah dibuat menjadi terlalu mudah, tapi faktanya, game ini masih tetap memiliki banyak sekali hal-hal yang bisa membuat semua gamer terpana saat memainkannya. Sekali lagi kami tegaskan, apabila kamu adalah tipe gamer yang mementingkan jalan cerita, sebaiknya hindari game ini. Tapi kalau kamu adalah tipe gamer yang menyukai grafis dan efek ledakan yang keren, game ini adalah game yang tepat untuk kamu.

Tidak ada komentar: