Kamis, 08 Juli 2010

Traffic Tinggi, Pengunjung Banyak, Kok Sepi Pembeli. Why?

Traffic adalah bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan penghasilan anda, yang terpenting adalah tingkat konversinya. Banyak website yang traffic-nya tinggi tapi hanya sekedar traffic dan hanya sekedar order atau iseng saja, bukan pembeli yang sesungguhnya.
Bagi rekan-rekan netter yang sudah action bisnis di internet dan sudah mempunyai website sendiri, maka ada pertanyaan dari saya:
Seberapa banyak pengunjung website anda yang sudah order? Seberapa banyak Order yang memang benar-benar membayar, jadi bukan hanya sekedar iseng belaka?
Berikut ini adalah 5 Kesalahan  yang harus dibenahi dan Cara Mengatasinya:
  • 1. Produk / Jasa anda tidak mempunyai Nilai Lebih dibanding Produk /Jasa Pesaing Anda.
Cara mengatasinya: Carilah Nilai Lebih dari produk /jasa anda  dibanding pesaing anda, lalu promosikanlah kelebihan tersebut.
Banyak website yang menawarkan hal yang sama bahkan tidak ada nilai lebih dari produk tersebut.
Nilai lebih ini bukan berarti hanya produk fisik saja, tetapi juga bisa Nilai lebih di Jasa anda, misalnya: pesaing anda ada call center 10 maka anda punya call center 11. Pesaing anda tidak ada konsultasi langsung, tetapi anda bisa konsultasi langsung dan gratis. dan masih banyak yang lainnya.
  • 2. Bentuk /lay out, Grafis, dan kata-kata di website anda sangat meragukan.
Ini sangat penting, karena pada dasarnya orang-orang (pengunjung) sudah pada pinter. Mereka semua juga sudah tahu, kalau website anda hanya kelihatan abal-abal, bentuknya sama dengan website lainnya, kata-katanya pun juga tidak jauh beda dengan website pesaing anda, maka hasilnya adalah para pengunjung tersebut hanya tertawa saja.
Semua Pengunjung ini juga sudah tahu, kalau membuat website sepeti itu sih hanya modal uang Rp. Rp. 200 ribuan saja sudah jadi. Bagaimana pengunjung mau membeli produk anda? pengunjung sendiri pun juga sangat bisa membuat website seperti itu, melalui jasa pembuat website yang betebaran di internet hanya modal 200 ribuan saja.
Cara mengatasinya: Buatlah Website yang berkualitas dan Profesional, bukan sekedar website jadi-jadian. Profesional dalam lay out, profesional dalam grafis dan profesional dalam kata-kata.
Dengan demikian, pengunjung lebih percaya dan pengunjung tersebut segera Order Berbayar, bukan Sekedar Order yang Iseng.
  • 3. Nama dan Alamat anda tidak Jelas atau Fiktif.
Cara mengatasinya: Pakailah Nama dan alamat Asli anda, jangan mencoba membohongi pengunjung.
Ingat: Pengunjunglah yang memberikan uangnya ke anda bukan traffic. Traffic adalah langkah awal saja, yang terpenting adalah Konversinya.
  • 4. Website anda menampilkan Rekening yang isinya meragukan.
Didalam rekening yang dipamerkan, isi transfernya sama, biasanya rata-rata Rp. 100.000,- semua atau Rp. 80.000,- semua dan seterusnya. Orang pasti tahu kalau yang begituan ma… bisnis reseller bukan bisnis yang sesungguhnya.
Para pengunjung semua sudah tahu, kalau nanti bergabung ke anda, nanti akan disuruh cari orang untuk ikut gabung juga. Dan yang terpenting adalah, pengunjung sudah tahu cara membuat rekening yang dipamerkan itu sangatlah mudah, hanya butuh waktu 15 menit saja.
Cara mengatasinya: tidak perlu menampilkan rekening, ini memang jaman edan, semua nampilin rekening, pada pamer rekening semua.
Kalau memang produk kita bagus, kenapa harus pakai pamer rekening? Mendingan berikan contoh-contoh hasil dari produk anda, dengan produk anda maka pembeli bisa apa saja? dan pembeli mendapat layanan apa saja?
  • 5. Datar, Tidak Selangkah lebih maju.
Jika kita ingin jadi pengusaha, baik di internet maupun tidak, kita harus punya Kemauan dan Tekad untuk Selangkah lebih maju dibanding pesaing anda. Maksudnya, kita harus punya program-program untuk 5 tahun yang akan datang, jadi jangan berdiam diri menikmati hasil sekarang dan melupakan tahun depan.
Nah, Bagaimanakah dengan Tingkat Konversi dari Website anda sekarang? Banyak Pembeli Asli? atau banyak yang sekedar iseng?

Tidak ada komentar: